RSS

Japanese Pop J-Pop

tumblr_m7yiiz9gml1rx2pmto1_400

SEJARAH

J-pop atau J-Pop (singkatan dari Japanese pop; bahasa Indonesia: musik pop Jepang) adalah istilah yang digunakan untuk musik populer Jepang yang memasuki arus utama musik Jepang pada tahun 1990-an. Istilah J-pop (pertama kali dipakai oleh J-Wave, sebuah radio FM di Tokyo.

J-pop berakar dari musik tahun 1960-an seperti yang dimainkan The Beatles,dan menggantikan kayōkyoku (musik pop Jepang hingga 1980-an) dalam dunia musik Jepang.  Istilah J-pop diciptakan media massa Jepang untuk membedakannya dari musik asing, dan sekarang merujuk kepada hampir semua musik populer di Jepang. Menurut data tahun 2006 dari International Federation of the Phonographic Industry, industri musik Jepang memiliki industri musik terbesar nomor dua di dunia, dan hanya berada di bawah Amerika Serikat.

Berikut beberapa artis dari negeri Sakura tersebut ;

  1. Ai Otsuka

 Foto-Ai-Otsuka-24

 

Ai Otsuka – Yumekui

Ai Otsuka (大塚 愛, Ōtsuka Ai?, lahir 9 September 1982; umur 30 tahun) adalah penyanyi wanita beraliran J-pop sekaligus pencipta lagu dan pianis asal Osaka, Jepang. Lagu hitnya Sakuranbo bertahan di daftar Top 200 tangga singel Oricon selama 101 minggu selama tahun 2003-2004.

http://www.youtube.com/watch?v=dRvIiIVoVNw

 2. Arashi

arashi

Arashi – Love so Sweet

Arashi (嵐?, badai) adalah idol grup asal Jepang yang beranggotakan Satoshi Ohno , Sho Sakurai, Masaki Aiba, Kazunari Ninomiya, dan Jun Matsumoto. Kelompok ini merupakan bentukan Johnny & Associates.

http://www.youtube.com/watch?v=6Og-h3M-tKE

3. AKB 48

Ax10akb18

AKB48 adalah grup idola asal Jepang yang diproduseri oleh Yasushi Akimoto. Grup ini telah meraih popularitas yang tinggi di Jepang. Sepuluh singel terakhir mereka berhasil memuncaki tangga lagu mingguan Oricon. “Beginner” dan “Heavy Rotation” berturut-turut menduduki peringkat pertama dan kedua dalam daftar singel paling laris di Jepang pada tahun 2010.

AKB48 merupakan pemegang Guinness World Record sebagai grup pop terbesar di dunia.

AKB48- 君のことが好きだから

http://youtu.be/PjgyH3lVI18

4.    Utada Hikaru

Utada_Hikaru_2004

Utada Hikaru – First Love

Hikaru Utada (宇多田ヒカル, Utada Hikaru?, sering dipanggil Hikki oleh para penggemarnya) (lahir di New York City, Amerika Serikat, 19 Januari 1983; umur 29 tahun)) adalah penyanyi Jepang yang terkenal. Lagu-lagunya telah berkali-kali menduduki peringkat pertama dalam tangga lagu Oricon. Ia dikenal luas di negara lain berkat single “First Love”. Pada tahun 2005 dia mencoba karier internasional dengan sebuah album berbahasa Inggris berjudul Exodus di bawah nama “UTADA”

http://www.youtube.com/watch?v=_Q5-4yMi-xg

5.   L’Arc~en~Ciel

l_arc-en-ciel_381

L’Arc~en~Ciel – Good Luck My Way

L’Arc~en~Ciel (ラルク アン シエル Raruku An Shieru, “Pelangi” dalam bahasa Prancis?) adalah nama grup musikJepang beraliran J-Rock. Band ini beranggotakan Hyde (vokal), Ken (gitar), Tetsuya (bass), dan Yukihiro (drum). Grup musik ini didirikan oleh Tetsuya pada Februari 1991. Nama “L’Arc~en~Ciel” berasal dari sebuah kata dalam bahasa Perancis yang secara harfiah berarti “lengkungan di langit” atau “pelangi”, nama ini diambil dari judul sebuah film Perancis yang pernah ditonton oleh Tetsuya.

http://www.youtube.com/watch?v=u1fRy346838

Sumber : Wikipedia

 

Leave a comment